TUGAS
PENGERTIAN ADMINISTRASI
KEPEGAWAIAN
DISUSUN OLEH
SITI PUTRIE ZULAIKHA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 1 TARAKAN
KOMPETENSI KEAHLIAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN 2017
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah Swt.
yang telah memberikan rahmat dan hidayah, serta kita dapat menyelesaikan tugas
yang telah diberikan oleh guru saya tentang "PENGERTIAN ADMINISTRASI
KEPEGAWAIAN".
Saya selaku penulis juga tidak lupa untuk
berterima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah banyak memberi masukan
selama proses pembelajaran.
Semoga yang sayang kerjakan ini dapat bermanfaat
bagi kita semua, khususnya yang ingin mengetahui tentang "PENGERTIAN
ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN".
Tarakan, 7 Agustus 2017
Penyusun
Siti Putrie Zulaikha
DAFTAR ISI
Halaman Judul...................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar Isi................................................................................................................ iii
A.
Pengertian Administrasi Kepegawaian............................................ 1
B.
Fungsi Administrasi Kepegawaian................................................... 2
C.
Fungsi Umum dr Administrasi
Kepegawaian................................. 3
Daftar Pustaka....................................................................................................... 4
A.
Pengertian Administrasi Kepegawaian
Adminisrasi merupakan suatu kegiatan
yang akan selalu dibutuhkan untuk setiap lembaga, perusahaan, intansi, ataupun
CV. Administrasi kepegawaian adalah
seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan
pegawai (tenaga kerja) untuk mencapai tujuan. Sedangkan administrator bertujuan
untuk menyusun dan mengendalikan seluruh aktivitas untuk memelihara,
mengembangkan, mendapatkan maupun menggunakan para pegawai sesuai dengan beban
kerja untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang telah di tentukan
sebelumnya.
B.
Fungsi Administrasi Kepegawaian
1) Fungsi Manajerial
Yaitu suatu fungsi yang berhubungan dengan penggunaan
pikiran, seperti: perencanaan, penegoisasian, pengarahan, dan pengendalian
2) Fungsi Teknis
Yaitu suatu fungsi yang berkaitan tentang teknis atau
berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan fisik, misalnya:
pengadaan, konpensasi, penge,bangan, integrasi, maupun pemensiunan.
C. Fungsi
Umum dari Administrasi Kepegawaian
- Perencanaan pegawai, dapat diartikan sebagai suatu proses penentuan berbagai macam kebutuhan pegawai di masa yang akan datang berdasarkan dari perubahan yang terjadi dan persediaan pegawai yang sudah ada.
- Pengorganisasian kepegawaian, yaitu menggolongkan, menetapkan dan mengatur berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang dianggap sangat penting, misalnya seperti menetapkan tugas seseorang, menetapkan wewenang seseorang dan lain-lain ke dalam suatu pola tertentu sedemikian rupa sehingga pegawai yang bekerja di dalamnya dapat saling bekerja sama tentunya supaya dapat mempermudah dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.
- Pengarahan pegawai, banyak sekali teori dan keyakinan mengenai memotivasi pegawai, secara keseluruhan tidak ada kesepakatan tentang apa yang dapat motivasi. Jadi sangat sulit bagi perusahaan atau organisasi untuk sampai kepada kebijakan dan pendekatan yang akan memuaskan para pegawainya. Selain itu bagi perusahaan atau organisasi dengan skala apapun itu, membuat analisis secara mendalam mengenai apa yang dapat memotivasi setiap tenaga kerjanya adalah tidak praktis, tetapi terdapat aturan-aturan yang praktis yang bisa diikuti setidaknya untuk dapat membantu memotivasi para pegawainya dan tentunya meningkatkan kepuasan kerja, diantaranya seperti:
·
Jelaskan apa itu yang dimaksud dengan kinerja efektif dan
pastikan bahwa mereka (pegawai) mengetahui apa yang diharapkan dari mereka.
·
Pastikan ada hubungan yang jelas tentang kinerja dan penghargaan
serta pastikan juga bahwa setiap hubungan seperti itu dapat di informasikan
kepada para pegawai.
·
Perlakukan semua pegawai secara adil dan penilaian mengenai
kinerja harus obyektif (sesuai dengan fakta yang ada).
·
Kembangkan jenis penghargaan yang berbeda-beda, karena tidak
semua orang bisa dinaikkan pangkatnya.
·
Doronglah semangat sebaik mungkin di dalam lingkungan kerja dan
juga kembangkan gaya manajemen yang mudah untuk diserap serta mampu diubah- ubah
untuk menyesuaikan orang dan lingkungannya
·
Selanjutnya kembangkan sebuah sistem
manajemen kinerja atau setidaknya tetapkan target yang bisa dicapai tetapi
dapat terus berkembang.
·
Dan perhitungkan seluruh faktor
lingkungan dan faktor sosial, misalnya seperti: kenyamanan tempat kerja, sarana
kerja, lingkungan kerja, interaksi sosial antar pegawai dan lain-lain. Intinya
seluruh faktor yang menjadi sumber ketidakpuasan.
4)
Pengendalian pegawai, pengawasan (controlling) merupakan
bagaian dari pengendalian yaitu merupakan suatu proses pengukuran tingkat
keefektivitasan kerja dari pegawai dalam memberikan kontribusi pada pencapaian
tujuan perusahaan atau organisasi. Setiap kegiatan pengawasan (controlling) membutuhkan
tolak ukur yang gunanya untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam bekerja,
dalam penilaian kerja hal seperti ini biasanya disebut dengan standar pekerjaan
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar