Kamis, 10 Agustus 2017

Pengertian Administrasi Kepegawaian

                                                                       TUGAS
PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN






DISUSUN OLEH

SITI PUTRIE ZULAIKHA



SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TARAKAN
KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
TAHUN 2017

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb

Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah, serta kita dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru saya tentang "PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN".

Saya  selaku penulis juga tidak lupa untuk berterima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah banyak memberi masukan selama  proses pembelajaran.

Semoga yang sayang kerjakan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya yang ingin mengetahui tentang "PENGERTIAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN".


Tarakan, 7 Agustus 2017
Penyusun



Siti Putrie Zulaikha



DAFTAR ISI

Halaman Judul......................................................................................................         i
Kata Pengantar......................................................................................................        ii
Daftar Isi................................................................................................................       iii
A.     Pengertian Administrasi Kepegawaian............................................        1
B.      Fungsi Administrasi Kepegawaian...................................................        2
C.      Fungsi Umum dr Administrasi Kepegawaian.................................        3
Daftar Pustaka.......................................................................................................        4



A.     Pengertian Administrasi Kepegawaian
Adminisrasi merupakan suatu kegiatan yang akan selalu dibutuhkan untuk setiap lembaga, perusahaan, intansi, ataupun CV. Administrasi kepegawaian adalah seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai (tenaga kerja) untuk mencapai tujuan. Sedangkan administrator bertujuan untuk menyusun dan mengendalikan seluruh aktivitas untuk memelihara, mengembangkan, mendapatkan maupun menggunakan para pegawai sesuai dengan beban kerja untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang telah di tentukan sebelumnya.

B.      Fungsi Administrasi Kepegawaian
1)      Fungsi Manajerial
Yaitu suatu fungsi yang berhubungan dengan penggunaan pikiran, seperti: perencanaan, penegoisasian, pengarahan, dan pengendalian
2)      Fungsi Teknis
Yaitu suatu fungsi yang berkaitan tentang teknis atau berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan fisik, misalnya: pengadaan, konpensasi, penge,bangan, integrasi, maupun pemensiunan.

C.      Fungsi Umum dari Administrasi Kepegawaian
  1. Perencanaan pegawai, dapat diartikan sebagai suatu proses penentuan berbagai macam kebutuhan pegawai di masa yang akan datang berdasarkan dari perubahan yang terjadi dan persediaan pegawai yang sudah ada.
  2.   Pengorganisasian kepegawaian, yaitu menggolongkan, menetapkan dan mengatur berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang dianggap sangat penting, misalnya seperti menetapkan tugas seseorang, menetapkan wewenang seseorang dan lain-lain ke dalam suatu pola tertentu sedemikian rupa sehingga pegawai yang bekerja di dalamnya dapat saling bekerja sama tentunya supaya dapat mempermudah dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. 
  3.      Pengarahan pegawai, banyak sekali teori dan keyakinan mengenai memotivasi pegawai, secara keseluruhan tidak ada kesepakatan tentang apa yang dapat motivasi. Jadi sangat sulit bagi perusahaan atau organisasi untuk sampai kepada kebijakan dan pendekatan yang akan memuaskan para pegawainya. Selain itu bagi perusahaan atau organisasi dengan skala apapun itu, membuat analisis secara mendalam mengenai apa yang dapat memotivasi setiap tenaga kerjanya adalah tidak praktis, tetapi terdapat aturan-aturan yang praktis yang bisa diikuti setidaknya untuk dapat membantu memotivasi para pegawainya dan tentunya meningkatkan kepuasan kerja, diantaranya seperti:

·         Jelaskan apa itu yang dimaksud dengan kinerja efektif dan pastikan bahwa mereka (pegawai) mengetahui apa yang diharapkan dari mereka.
·         Pastikan ada hubungan yang jelas tentang kinerja dan penghargaan serta pastikan    juga bahwa setiap hubungan seperti itu dapat di informasikan kepada para      pegawai.
·         Perlakukan semua pegawai secara adil dan penilaian mengenai kinerja harus          obyektif (sesuai dengan fakta yang ada).
·         Kembangkan jenis penghargaan yang berbeda-beda, karena tidak semua orang        bisa dinaikkan pangkatnya.
·         Doronglah semangat sebaik mungkin di dalam lingkungan kerja dan juga                kembangkan gaya manajemen yang mudah untuk diserap serta mampu diubah-      ubah untuk menyesuaikan orang dan lingkungannya
·         Selanjutnya kembangkan sebuah sistem manajemen kinerja atau setidaknya            tetapkan target yang bisa dicapai tetapi dapat terus berkembang.
·         Dan perhitungkan seluruh faktor lingkungan dan faktor sosial, misalnya seperti:      kenyamanan tempat kerja, sarana kerja, lingkungan kerja, interaksi sosial antar      pegawai dan lain-lain. Intinya seluruh faktor yang menjadi sumber ketidakpuasan.
           4)    Pengendalian pegawai, pengawasan (controlling) merupakan bagaian dari pengendalian yaitu              merupakan suatu proses pengukuran tingkat keefektivitasan kerja dari pegawai dalam                          memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi. Setiap kegiatan                  pengawasan (controlling) membutuhkan tolak ukur yang gunanya untuk mengukur tingkat                  keberhasilan dalam bekerja, dalam penilaian kerja hal seperti ini biasanya disebut dengan                    standar pekerjaan




DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar